Tuesday 3 February 2015

Danau Toba, Danau Terbesar di Asia Tenggara


Danau Toba, Siapa yang tidak tau Danau yang satu ini. Danau alami yang terbesar di Indonesia dengan beragam pesona di dalamnya. Ini merupakan tempat yang paling indah untuk dikunjungi di Sumatera Utara. Hamparan pegunungan yang tinggi serta air yang membiru akan memanjakan mata para pengunjung Danau yang berada 900 meter di atas permukaan laut ini.

Danau Toba merupakan sebuah danau vulkanik dengan panjang 100 km dan lebar 30 km. Di tengah Danau Toba terdapat pulau Samosir yang ukurannya hampir sebanding dengan Singapura.

Jika dilihat dari ukurannya, Danau Toba lebih terlihat seperti laut. Oleh karena itu, Danau Toba ditempatkan sebagai Danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika dan juga termasuk sebagai Danau terdalam di dunia yaitu sekitar 450 meter.

Para Ahli memperkirakan Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000 - 75.000 tahun yang lalu dan masuk kategori supervulcano. Dan hal ini menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup. Akibat dari letusan itu, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.


1 komentar:

Unknown said...

makasih infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2okUUAT