Friday 16 January 2015

Patung Buddha Tidur di Mojokerto Merupakan yang Terbesar Ketiga di Dunia


Mojokerto sangat beruntung punya Patung Buddha tidur. Patung Buddha Tidur (Sleeping Buddha) ini menjadi salah satu objek wisata yang digemari di Mojokerto baik dari kalangan pelajar maupun kalangan umum.

Patung Buddha Tidur ini terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Patung Bewarna keemasan ini memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung ini dibuat pada tahun 1993 dengan bahan beton yang dipahat oleh perajin patung asal Trowulan. Patung ini menggambarkan wafatnya sang Buddha, Siddharta Gautama dalam posisi tertidur.

Selain Tubuh dan Pakaiannya yang bewarna keemasan, Patung Buddha Tidur ini juga sangatlah besar, sehingga Patung Buddha Tidur ini merupakan yang terbesar ketiga di Dunia setelah Thailand dan Nepal. Patung ini juga mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia).

Di bawah bagian patung terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan sang Buddha, hukum karmaphala dan hukum tumimbal lahir. Di sekitar patung juga terdapat kolam yang ditumbuhi tanaman teratai yang melambangkan kehidupan sang Buddha dan ajaran Agama Buddha.

0 komentar: