Friday 16 January 2015

Pesona Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Air Terjun Sigura-gura

 Mungkin buat orang Sumatera Utara sudah pernah mendengar nama Air Terjun Sigura-gura serta Bendungannya. Namun apakah sudah tau jika Air Terjun ini merupakan yang tertinggi di Indonesia ? Ya, Air Terjun Sigura-gura merupakan yang tertinggi di Indonesia. Air Terjun ini memiliki tinggi 250 meter mengalahkan air terjun tertinggi lainnya di Indonesia seperti Air Terjun Madakaripura (200 m) dan Air Terjun Payakumbuh (150 meter). 

Jika dilihat dari jauh Air Terjun Sigura-gura ini terlihat seperti Air Terjun Raksasa di tengah belantara hutan dan eksotika alam Toba Samosir belum lagi suara dentuman airnya yang deras sehingga menambah kesan keasrian alam.

Air Terjun Sigura-gura ini terletak di Kabupaten Toba Samosir, 250 km dari kota Medan. Letaknya juga tidak jauh dari tempat Wisata Danau Toba, sehingga banyak wisatawan yang menyempatkan mampir ke Air Terjun Sigura-gura. 

Air yang mengaliri Air Terjun Sigura-gura ini merupakan air dari Sungai Asahan yang datangnya dari Danau Toba. Sungai-sungai tempat aliran Air Terjun Sigura-gura ini juga sering menjadi tempat untuk kompetisi Arung Jeram (Rafting) baik di tingkat Nasional dan juga Internasional.

Untuk kompetisi Nasional, pihak panita mengikutsertakan kelompok-kelompok yang sudah ahli Arung Jeram dari berbagai daerah di Indonesia. Begitu juga dengan kompetisi Internasional, tak jarang nama-nama beken di cabang Olahraga Arung Jeram diikutsertakan utk mengarungi sungai di Sigura-gura.

Disekitar Tebing Air Terjun Sigura-gura banyak sekali dikelilingi oleh tumbuhan-tumbuhan liar, hal ini menambah kesan hutan rimba dan kesan alamnya. Namun setiap pengunjung harus berhati-hati jika berada disini karena licin dan terjal.

Tak jauh dari Air Terjun Sigura-gura, terdapat juga sebuah bendungan buatan yang dibuat untuk menampung sebagian air Sigura-gura yang dimanfaatkan untuk mengaliri sawah warga serta penggerak generator utk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Banyak Wisatawan baik Nasional maupun Internasional yang liburan disini. Mereka dapat melakukan banyak hal seperti berfoto dengan background air terjun, arung jerang di Sungai-sungai yang mengaliri Sigura-gura, dan berkemah disekitar lokasi air terjun.

0 komentar: